7 Cara Menjaga Kesehatan Kaki Agar Terhindar dari Penyakit

No Comments
Tips Kesehatan Kaki merupakan salah satu anggota tubuh yang sangat penting bagi manusia. Kaki adalah bagian tubuh yang menopang seluruh berat badan. Kaki juga mempunyai peranan penting dalam mendukung aktivitas seseorang. Dengan kaki, manusia dapat berjalan, berlari, dan bahkan menjadikan seseorang menjadi lebih dinamis. Meskipun tanpa kaki manusia tetap hidup dan dapat menjalankan aktivitas, tetapi individu tersebut kurang dapat melakukan kegiatannya secara optimal. Kaki juga mendukung kecantikan, keseimbangan dan proporsi tubuh seseorang. Oleh karena itu, kesehatan kaki perlu dijaga.

Cara Menjaga Kesehatan Kaki Agar Terhindar dari PenyakitBanyak orang terbaring di rumah sakit dan tidak dapat melakukan aktivitasnya karena permasalahan pada kaki. Beberapa penyakit yang menyerang dan merusak kaki diantaranya adalah gajah duduk, kolestrol, dan diabetes yang menyerang kaki secara fisik. Bahkan, para penderita harus merelakan kaki diamputasi untuk menghentikan penyebaran penyakit. Akibatnya, para penderita harus mengurangi kegiatannya sehingga mengurangi produktivitas mereka. Meskipun demikian, kita perlu menjaga kesehatan kaki baik dari dalam maupun dari luar tubuh.

Berikut adalah tips yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kaki:

1. Memeriksa dan raba kaki secara teratur
Pentingnya memeriksa dan meraba kaki adalah untuk mendeteksi adanya penyimpangan atau perubahan kaki secara fisiologis seperti perubahan bentuk, suhu, ketebalan, warna kaki, dan kaki pecah-pecah. Dengan ditemukannya keanehan pada kaki, kita dapat segera untuk mengkonsultasikan dengan dokter. 

2. Mencuci kaki setiap hari untuk memastikan kaki tetap bersih
Kaki perlu dicuci agar tetap bersih sehingga terhindar dari kuman-kuman berbahaya. Cara mencuci kaki yang baik adalah mencuci hingga ke sela-sela jari hingga bersih. Kemudian, mengeringkan kaki karena kaki yang basah akan mengurangi elastisitas kaki dan menimbulkan kaki pecah-pecah serta kutu air.

Baca juga : Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki

3. Memotong kuku secara teratur
Kuku pada jari-jari kaki perlu dipotong sehingga kaki terhindar dari kuman yang masuk melalui kuku-kuku yang panjang. Akan tetapi, kita perlu hati-hati dalam memotong kuku kaki untuk tidak terlalu pendek agar tidak melukai kulit kaki. Kita juga perlu meminimalkan penggunaan cat kuku karena penggunaan yang berlebihan menyebabkan kuku menjadi rapuh. Penggunaan cat kuku maksimal adalah seminggu untuk selanjutnya harus dibersihkan secara tuntas agar tidak menimbulkan masalah kaki lainnya. 

4. Memilih sepatu dengan ukuran yang sesuai
Alih-alih mementingkan gaya, kenyamanan kaki dalam pemakaian harus lebih diprioritaskan. 

5. Hindari berjalan dan berlari dengan kaki telanjang
Berjalan apalagi berlari dengan kaki tanpa alas akan memiliki resiko kaki terkena benda-benda tajam yang dapat melukai kaki.

Lihat juga : Cara Mengatasi Kaki Bengkak Karena Asam Urat

6. Mengangkat kaki ke dinding setelah berjalan, berlari atau berdiri lama sangat dianjurkan 
Mengangkat kaki ke dinding akan membantu memperlancar peredaran darah. Cara tersebut dapat menghindarkan kaki dari pembekuan darah yang mengakibatkan farises atau otot menonjol pada kaki. 

7. Memperhatikan rasa sakit yang dirasakan kaki
Kita perlu memperhatikan rasa sakit pada kaki. Rasa nyeri tersebut timbul karena kemungkinan adanya peradangan atau sebab lain yang tersembunyi. Jika rasa sakit pada kaki berlangsung lama, maka kita perlu berkonsultasi pada dokter.

Demikian cara menjaga kesehatan kaki yang dijabarkan di atas diharapkan dapat mencegah kaki dari berbagai macam penyakit sehingga kaki terlihat sehat, cantik, dan bersih. 

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.