Lakukan 5 Kiat Ini Jika Sendi Sedang Meradang

No Comments
Blog Kesehatan - Bagi penderita radang sendi atau artritis ada baiknya untuk menerapkan prinsip perawatan artritis dengan baik supaya bisa melakukan aktivitas atau kegiatan sehari-hari secara normal dan juga dapat mengontrol penyakit tersebut. Selain bertujuan untuk mengontrol nyeri dan mengurangi terjadinya kerusakan sendi, perawatan artritis juga bertujuan memperbaiki atau menjaga fungsi sendi dan kualitas hidup si penderita.

Beberapa perawatan artritis yang bisa dilakukan di antaranya yaitu terapi farmakologik dengan penggunaan obat-obatan, terapi nonfarmakologik atau terapi fisik dengan penggunaan alat bantu, edukasi dan dukungan terhadap penderita, penurunan berat badan, nutrisi yang baik, diet seimbang, serta pembedahan. Penyakit artritis termasuk jenis penyakit kronik dan bisa dikontrol. Namun meskipun begitu terkadang akan muncul episode akut nyeri, peradangan, dan kekakuan pada sendi atau biasa dikenal dengan sebutan flare. Kondisi dari gejala tersebut seringnya terjadi pada artritis rematoid dan timbul karena infeksi, merokok, atau saat penderita mengalami stress.

Mengalami radang sendiTerdapat beberapa cara yang bisa dilakukan apabila sendi mengalami peradangan. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Panduan Cara Mengatasi Sendi yang Serang Meradang

Seimbangkan Waktu Beraktivitas dan Waktu Beristirahat
Istirahat yang cukup dan tidak terlalu lama dapat membantu mengatasi nyeri artritis. Selain itu, modifikasi program terapi fisik dari dokter atau terapis juga bisa membantu menghilangkan rasa nyeri yang muncul. Untuk mencegah kekakuan sendi lakukan aktivitas ringan di sela-sela waktu istirahat.

Tempelkan Kompres Dingin atau Hangat
Agar rasa nyeri yang dialami bisa berkurang maka kompreslah bagian yang nyeri menggunakan air hangat. Sebaliknya kompres dingin apabila timbul peradangan guna mengurangi peradangan tersebut dan otot yang tegang serta membuat aliran darah turun.

Baca juga : Cara Cepat Mengatasi Leher Kaku

Latihan Relaksasi
Stress merupakan salah satu penyebab munculnya rasa nyeri. Oleh sebab itu, penderita artritis harus bisa mengendalikan stress agar lebih tenang. Kegiatan rutin seperti meditasi, yoga, latihan pernapasan, dan aktivitas spiritual dapat dilakukan untuk membuat diri penderita menjadi rileks. 

Komunikasikan Dengan Keluarga atau Kerabat
Bagi para penderita artritis sebaiknya menjaga komunikasi dengan keluarga atau kerabat. Hal tersebut dikarenakan apabila mereka mengalami rasa nyeri maka keluarga atau kerabat mereka sudah tahu apa yang sebaiknya dilakukan dan bisa memberi bantuan pada mereka.

Lihat juga : Cara Jitu Menghilangkan Nyeri Punggung

Berkonsultasi Kepada Dokter
Ketika muncul episode akut, penderita artritis harus berkonsultasi pada dokter tentang langkah-langkah yang harus dilakukan. Konsultasi tersebut dapat membantu mencegah kerusakan sendi yang berkelanjutan dengan menambah atau mengurangi dosis obat yang dikonsumsi penderita sementara waktu.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan apabila sendi mengalami peradangan. Dengan menerapkan cara-cara tersebut diharapkan peradangan pada sendi bisa diatasi. Cara tersebut juga bisa mencegah terjadinya kerusakan sendi. Semoga informasi yang telah dibahas dapat bermanfaat.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.