Alternatif Pengganti Menu Makanan untuk Anak Alergi

No Comments
Alergi makanan sebenarnya merupakan hal yang lumrah dialami oleh anak-anak. Ini merupakan reaksi tubuh terhadap jenis protein tertentu yang terkandung dalam makanan atau minuman yang dikonsumsi. Daripada khawatir dan bingung sendiri, sebaiknya Anda fokuskan saja energi yang ada untuk mengakali menu makanan untuk anak alergi. Lalu bagaimana caranya?
Ketahui Jenis Alergi si Kecil

Sebelum menentukan tindakan lanjutan, kenali terlebih dulu karakteristik alergi buah hati. Pada umumnya ada beberapa jenis alergi makanan seperti di bawah ini.

1.    Alergi telur

Telur merupakan makanan bernutrisi yang kaya manfaat. Sayangnya beberapa orang mengalami intoleransi. Sebenarnya alergi jenis ini dapat dicegah dengan memastikan proses memasak benar-benar hingga matang. Namun, bila alergi masih terus berlanjut Anda bisa memberikan alternatif menu makanan untuk anak alergi telur dengan pengganti berupa susu, daging, ikan tempe, tahu, atau kacang-kacangan.

2.    Alergi seafood

Alergi seafood umumnya dipicu karena kandungan peptide yang dianggap sebagai allergen. Langkah preventif yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan produk seafood yang Anda beli dalam keadaan segar. Namun, jika tak mau mengambil resiko, berikan sumber protein lain seperti daging, telur, atau susu sebagai pengganti.

3.    Alergi gluten

Gluten terkandung dalam beberapa jenis serelia sebagai bahan utama tepung terigu. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan alternatif bahan makanan lain dengan membuat hidangan hibun, soun, kwetiau dari tepung beras ataupun tepung kanji.

4.    Alergi susu sapi

Alergi susu sapi adalah kasus alergi makanan yang paling banyak dialami anak-anak. Padahal kandungan nutrisinya sangat penting untuk mineralisasi dalam proses pertumbuhan dan pembentukan tulang. Anak membutuhkan setidaknya 500 miligram kalsium. Anda bisa mengganti kebutuhan ini dengan memberikan setidaknya 4 cangkir sayuran hijau.

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan produk susu untuk anak alergi susu sapi. Susu jenis ini biasanya berbahan dasar soya atau jenis kacang-kacangan lain yang nutrisinya dapat mengcover kebutuhan harian anak.

Jenis Susu yang Cocok untuk Anak Alergi Susu Sapi

Kini Anda tak perlu khawatir lagi untuk memenuhi nutrisi anak yang alergi susu sapi. Nutrilon Royal Soya 3 dan 4 telah hadir sebagai alternatif susu untuk anak alergi susu sapi. Dengan formulasi ActiDuoBio+ dan 100% Isolat Protein Kedelai berkualitas, susu ini sangat dianjurkan untuk buah hati.

Agar lebih dalam lagi memahami menu makanan untuk anak alergi dan segala seluk beluk nutrisi pada anak, ada baiknya Anda bergabung menjadi member Nutriclub. Layanan ini merupakan bentuk dedikasi Nutricia untuk mendampingi perjalanan Ibu dan balita.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.